Tuan Rumah Olimpiade 2032, Indonesia Bakal Bersaing Dengan Negara Ini


Asian Games 2018 sudah akibat digelar dan Indonesia terbilang sukses sebagai tuan rumah, Minggu (02/09/18) kemarin malam.

Dengan kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018, Indonesia pun ditantang untuk kembali menjadi tuan rumah, pesta olahraga yang lebih besar, yaitu Olimpiade.

Namun, meski menerima pengukuhan dari sejumlah pihak yang berkepentingan, jalan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 tidaklah mudah.

Pasalnya, dari Asia sendiri, tentangan Indonesia yaitu India. Yang sudah mendeklarasikan pencalonan mereka pada awal Juni kemudian dan telah diterima oleh Presiden Komite Olimpiade Internasional, Thomas Bach.

"Kami telah mendapatkan pencalonan (Asosiasi Olimpiade India) IOA untuk jadi tuan rumah Olimpiade 2032. Ini akan elok untuk para atlet India dan memajukan olahraga di sana," ucap Bach dilansir dari InsideTheGames.

Indonesia Diakui

Namun, usai closing ceremony Asian Games 2018, Bach juga menyampaikan bahwa dirinya memimpikan Olimpiade untuk digelar di Asia Tenggara.

"Iya, saya membayangkan, sebab Olimpiade yaitu ajang global dan sifat universal itu harus tercermin tak hanya lewat partisipasi 206 negara, tapi juga dari penyelenggaraan Olimpiade di semua kawasan.

"Oleh sebab itu saya sanggup membayangkan menggelar Olimpiade di daerah kalian (Asia Tenggara). Di daerah ini, saya kira Indonesia yaitu salah satu tempat dan negara terbaik untuk melakukannya," papar Bach.

Ucapan Bach tersebut memang bukan tanpa alasan. Sebab, menurutnya masih ada dua wilayah yang belum pernah menggelar Olimpiade, yaitu Afrika dan Asia Tenggara.

Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1