Ini Yang Membedakan, Kau Suporter Atau Penonton Sepak Bola? Kumaha Bobotoh?


Suporter atau penonton, seringkali menjadi perdebatan antara mereka yang 90 menit pertandingan terus bernyanyi dan mereka yang duduk bagus menikmati pertandingan di stadion. Seringkali perdebatan berlanjut dengan perseteruan.

Mereka yang terbiasa bernyanyi 90 menit menganggap mereka yang duduk bagus tidak berkontribusi aktual dalam memberi proteksi pada tim yang berlaga. Sebaliknya, mereka yang duduk bagus menikmati pertandingan merasa terganggu kenyamanannya.

Sebenarnya tidak ada yang salah dari keduanya. Kehadiran mereka ke stadion pastilah bertujuan mendukung tim pujian berlaga, hanya saja caranya yang berbeda.

Menurut Giulianotti (Sociologi of Sport Research), memang terdapat beberapa tipe orang yang tiba ke stadion. Ia mengelompokkannya menjadi fans (penggemar), supporters (pendukung), spectators (penonton), followers (pengikut), dan planeurs.

Fans adalah penggemar suatu klub sepak bola. Mereka mempunyai korelasi emosional yang besar lengan berkuasa dengan suatu klub. Sementara supporter ialah penonton yang memberi proteksi satu klub sepak bola yang sedang bertanding dan sifatnya mendukung lantaran simpati atau tertarik sesaat.

Spectators, orang netral yang mencari hiburan melalui sepak bola. Mereka menonton sepak bola secara pribadi di stadion maupun melalui televisi. Sementara Followers ,adalah mereka yang menonton sepak bola hanya lantaran ikut-ikutan. Banyak faktor yg menjadi alasannya, menyerupai sekadar ikut dengan pasangan atau terpengaruh lingkungan. Berbeda dengan Planeurs, alasannya ialah mereka kelompok yang tidak mempunyai alasan niscaya dan motivasi yang terang dalam menonton atau mendukung klub sepak bola.

Sedangkan berdasarkan Jacobson, terdapat perbedaan antara Fans dan Spectators. Perbedaan Mendasarnya, Spectators hanya menonton dan gampang melupakan. Sedangkan fans mempunyai intensitas yang stabil mengikuti perjalanan dan perkembangan klub sepak bola yang disukai. Serta tidak lelah mencurahkan perhatiannya untuk berpikir, bersuara, dan berorientasi pada klub sepak bola yang digemarinya.

Dari segi gairah, Spectators dan Fans sangat berbeda. Seorang Spectators belum tentu Fans dari suatu klub sepak bola yang ditontonnya. Sedangkan Fans klub sepak bola belum tentu menyaksikan seluruh pertandingan klub yang digemarinya. Karena orientasi Fans bukan pada acara menonton,tetepi pada pengetahuan terhadap klub yang digemari.

Dari teori-teori di atas mungkin sanggup dikatakan mereka yang terbiasa bernyanyi 90 menit pertandingan ialah penggemar. Sedangkan mereka yang menentukan menikmati pertandingan ialah penonton, atau mereka yang hanya ikut ke stadion.

Sekali lagi, tidak ada yang salah dari keduanya. Karena intinya sepak bola ialah milik semua orang. Milik mereka yang secara intens mengikuti perjalanan suatu klub, juga milik mereka yang sekedar mencari hiburan dari sepak bola.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1